Selasa, 11 April 2017

Apa itu Domain ? | Pengertian Domain, SubDomain dan Top level Domain

Pada era yang modern ini banyak sekali di antara kita yang ingin memulai sesuatu yang berhubungan dengan internet, baik itu membuat sosial media, membuat blog, atau bahkan membuat sebuah Web. Nah, jika kita ingin membuat sebuah blog atau website dan ingin blog atau web kita itu berbeda dari orang lain, maka yang kita perlukan adalah mengatur sebuah Domain. Lalu, apa itu Domain ?

Apa itu Domain ?




Pada dasarnya, Domain adalah suatu nama yang unik, digunakan sebagai pengganti Alamat IP. Domain disebut juga sebagai Alamat Website, seperti contohnya "Situskita.info" atau "google.com" dan lainnya.

Domain memiliki format huruf ( a,b,c dan seterusnya ), angka ( 1,2,3 dan seterusnya ) dan simbol ( - ) sebagai nama url situs web. Anda dapat membuat alamat website sesuai keinginan Anda, bisa menggunakan huruf, angka atau simbol saja.

Ketika Anda akan mengakses sebuah informasi di internet maka Anda akan diminta untuk mengakses alamat IP atau IP Address, alamat ini berupa sederetan angka yang cukup panjang. Karena tidak semua orang dapat mengingat angka dengan baik, maka itu dibuatlah sebuah domain untuk mempermudah para pengguna internet untuk mengakses informasi yang diinginkan. Sebagai contoh adalah www.google.com, adalah mana sebuah domain, sedangkan IP Address adalah 66.97.145.109. Jadi ketika Anda hendak mengakses sebuah informasi maka Anda tidak perlu berkutit dengan IP address, karena hanya dengan mengetikkan nama domain, maka informasi yang diinginkan akan muncul.

Domain sendiri terbagi menjadi 2 bagian atau lebih. Maksudnya adalah pada bagian kiri kata sebelum titik atau dot disebut dengan label, sedangkan sebelah kanan setelah titik disebut dengan TLD atau Top Level Domain. Sebagai contoh google.com, maka kata “google” adalah sebuah label, sedangkan kata “com” adalah sebuah TLD. Ada juga yang disebut sebagai sub domain, sebagai contoh adalah mail.google.com, maka kata “mail” disebut dengan sub domain. Sebuah domain bisa mempunyai lebih dari 1 IP address dengan cara menambahkan sub domain.


(Baca juga : Apa itu Hosting )



Kegunaan Domain

Kegunaan domain adalah untuk mempermudah pengguna masuk ke dalam sebuah alamat di internet tanpa harus mengetikkan alamat IP dari web itu sendiri. Seperti Anda ketahui bahwa domain terdiri dari 3 macam, yaitu:

1. Label
Label berfungsi sebagai sebuah nama untuk mempermudah pengguna mengakses informasi yang diinginkan, sebagai contoh adalah www.google.com, dimana kata “google” bertindak sebagai sebuah label, untuk mempermudah setiap pengguna mengakses informasi dari tempat tersebut.

2. TLD (Top Level Domain)
Adalah sebuah akhiran dari sebuah domain, atau tempat domain tersebut berada. Saat ini TLD ini terbagi menjadi beberapa bagian, seperti:

  • Top LTD ini juga terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu country code top level domain yaitu sebuah kode negara seperti .id, .us, .ca, .ru, dll. Ada juga yang disebut sebagai generic top level domains seperti .com, org, .info .net, dll.
  • Second level domain ini adalah kata lain dari label pada level domain
  • Lower level domain ini posisinya berada di sebelah kiri label, namun hal ini sangat jarang terjadi.

TLD sendiri mempunyai fungsinya masing-masing, seperti:

  • .com digunakan untuk kepentingan komersial, karena memang kata com ini diambil darikata “comercial”.
  • .net biasanya digunakan untuk kepentingan jaringan.
  • .gov biasanya digunakan untuk kepentingan pemerintahan.
  • .edu biasanya digunakan untuk kepentingan pendidikan.
  • .org bisanya digunakan untuk kepentingan organisasi.
Dan masih banyak lagi TLD yang bisa anda  dapatkan di situs-situs penyedia domain.

3. Sub domain
Sub domain adalah nama selain nama untuk label. Hal-hal seperti ini akan Anda dapatkan ketika membuat sebuah blog, dimana ketika Anda membuat sebuah bloh maka yang akan tampil adalah nama yang Anda buat.nama blog.tempat blog tersebut dibuat, sebagai contoh adalah, namasubdomain.situskita.info.



Artikel terkait:


Jika diteliti lebih lanjut domain adalah sebuah nama untuk dapat mempermudah pengguna atau siapa saja yang ingin mengakses infomasi yang ada pada web tersebut. untuk nama domain tersebut tidak ada aturan yang pasti, Anda dapat menggunakan huruf besar atau Anda dapat menggunakan huruf kecil. Namun yang jelas adalah sebuah domain yang unik tentunya akan membuat orang ingat dengan mudah dan tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut. 


Sekian dari saya, semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

Apa itu Domain ? | Pengertian Domain, SubDomain dan Top level Domain
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.